Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi A1, Tanpa MIUI dengan Jaminan Upgrade Android Oreo

Xiaomi Mi A1 5
Xiaomi Mi A1 5

RANCAH POSTHarga Xiaomi Mi A1. Seperti yang Anda ketahui, Xiaomi juga baru meluncurkan ponsel terbarunya, dengan sejumlah gelar perdana. Ponsel bernama Xiaomi Mi A1 ini menjadi smartphone pertama Xiaomi di berbagai kategori.

Pertama Mi A1 hadir sebagai Android One pertama, dan project bersama Google pertama Xiaomi. Ia juga jadi hp Xiaomi pertama yang hadir tanpa dukungan MIUI, melainkan dengan Android Stock murni dari project Android One.

Kemudian ponsel ini juga menjadi smartphone Android One pertama yang dibanderol mahal. Dimana kita semua tahu bahwa Android One selalu dibanderol terjangkau.

Di sisi spesifikasi Xiaomi Mi A1 sendiri, demikian pula dalam hal desain, ponsel ini digembar-gemborkan para fans sebagai ponsel yang sama dengan Xiaomi Mi 5X yang diresmkan sebelumnya.

Pasalnya, baik pemanpilan, fitur dan spesifikasi Xiaomi Mi 5X benar-benar sama persis dengan Xiaomi Mi A1. Yang membedakan cuma pada ROM yang digunakan saja.

Benarkah demikian? Mari kita buktikan, dengan mengulas secara singkat dan padat, mengenai spesifikasi dan harga Xiaomi Mi A1.

Spesifikasi Xiaomi Mi A1

Xiaomi Mi A1 dibekali layar dengan ukruan cukup besar bisa dibilang, mencapai 5,5 inci. Layar ini sendiri menawarkan resolusi FullHD 1080 x 1920 piksel, dengan kerapatan layar mencapai 403 ppi.

Tidak cukup sampai di situ saja, ponsel Xiaomi Mi A1 ini juga menawarkan teknologi layar LTPS IPS LCD dengan lapisan Corning Gorilla Glass. Yang membuat layar Mi A1 lebih kuat dan tahan gores.

BACA JUGA : Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi Note 5A, Usung Layar HD Tanpa Sensor Didik Jari

Di sisi lain, ponsel ini dibalut bodi logam yang kuat dan cukup berkualitas. dengan ukuran dimensi bodi mencapai 155,4 x 75,8 x 7,3 mm. Dan bobot Xiaomi Mi A1 sendiri mencapai 165 gram.

Selanjutnya di bagian spesifikasi Xiaomi Mi A1 yang paling inti, yakni dapur pacu. Ponsel ini masih menawarkan Snapdragon 625 sebagai andalan. Chipset octa-core 2 GHz Cortex-A53 dengan GPU Adreno 506.

Ia juga dibekali dukungan 4GB RAM sebagai penunjang kinerja multitasking, dan 64GB memori internal. Tak lupa bagian slot microSD dengan kapasitas 128GB yang siap menambah kapasitas simpan di ponsel ini.

Sementara itu, untuk dukungan software, berbeda dengan Xiaomi lain ponsel ini sudah mendukung Android 7.1.2 Nougat murni tanpa MIUI. Dengan jaminan upgrade ke Android Oreo 8.0 dalam waktu dekat.

Untuk kamera Xiaomi Mi A1 sendiri masih sama dengan kamera Mi 5X. Dimana ia dibekali sensor kamera ganda sebagai kamera utama.

Fitur kamera ganda ini menawarkan dukungan sensor 12MP f/2.2 dan 12MP f/1.6 sebagai kombinasi lensa tele dan wide-angle.

Kamera ini juga menawarkan fitur PDAF, 2x optical zoom dan dukungan dual-LED Flash. Sementara kamera selfie masih mengusung sensor 5MP.

Konektifitas yang ditawarkan Xiaomi Mi A1 juga terpaut lengkap. Dimana handset ini sudah dibekali teknologi 4G LTE dengan dukungan VoLTE. Tak lupa hadirnya teknologi lain seperti WiFi 802.11, GPS, Bluetooth v4.2, koneksi NFC dan tidak lupa port USB tipe-C 2.0 sebagai andalan.

Xiaomi Mi A1 juga menawarkan teknologi sensor pemindai sidik jari pada tombol home fisik di bagian depan ponsel. Ia juga hadir dengan baterai 3080 mAh berbekal fast charging sebagai dukungan tenaga.

Spesifikasi dan Harga Xaiomi Mi A1, Tanpa MIUI dengan Jaminan Upgrade Android Oreo

Spesifikasi Lengkap Xiaomi Mi A1

JaringanGSM / HSPA / LTE
SIMDual SIM
Layar LTPS IPS LCD, 5,5 Inci, 1080 x 1920 piksel, 403ppi, Corning Gorilla Glass
OSAndroid 7.1.2 Nougat (upgradable Android Oreo)
ChipsetSnapdragon 625, octa-core 2,0 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 506
MemoriRAM 4 GB, ROM 64 GB, microSD 256GB
Kamera UtamaDual 13MP f/2.2, PDAF, 2x optical zoom, dual-LED Flash
Kamera Depan5MP 1080p
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
USB2.0, USB tipe-C 
SensorFingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
Baterai3080 mAh, Li-ion, Non removeable
WarnaBlack, Gold, Rose Gold
Harga Rp2.999.000,- (perkiraan)

Harga Xiaomi Mi A1

Xiaomi sendiri sempat menjanjikan bahwa ponsel Android One mereka ini akan hadir di Indonesia. Dan yang pasti, harga Xiaomi Mi A1 tidak akan lebih mahal dari harga Xiaomi Mi 5X tentunya, malah sebaliknya.

Meski untuk sebagian ponsel Android One lain, harga Xiaomi A1 ini masih terpaut lebih premium dan tinggi. Namun jika kembali memperhatikan spesifikasi yang diusungnya, harga tersebut rasanya cukup sepadan.

Adapun untuk banderol harga Xiaomi Mi A1 di Indonesia hingga saat ini belum diumumkan, dan ponsel ini juga belum resmi melenggang.

BACA JUGA : Harga Xiaomi Mi 5X dan Spesifikasi Lengkapnya

Namun rencananya, Xiaomi Mi A1 akan dibanderol dengan harga di bawah Rp3 jutaan. Kemungkinan sekitar Rp 2.999.000.

Dan untuk pilihan warna sendiri, Mi A1 akan hadir dengan balutan warna Black, Gold dan Rose Gold.

Demikian review singkat mengenai harga dan spesifikasi Xiaomi Mi A1. Ponsel Android One pertama yang tangguh dengan kamera ganda. Serta fitur mumpuni lainnya.

Loading...

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here