Connect with us

Rumah

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli 5 Perabotan Rumah Tangga Ini

Published

on

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli 5 Perabotan Rumah Tangga Ini
Ilustrasi belanja perabotan rumah tangga. (SHUTTERSTOCK)

RANCAH POST – Belanja perabotan rumah tangga memang sangat menyenangkan. Berbagai macam perabotan dengan desain unik dan menarik dapat dengan mudah ditemukan di pasaran.

Hal ini lah yang biasanya membuat banyak orang, terutama para ibu rumah tangga selalu tergiur dan menghabiskan budget yang berlebihan untuk membeli belah perabotan rumah tangga. Padahal belum tentu perabotan tersebut memiliki fungi yang efektif dan efisien.

Berbagai faktor harus dipertimbangkan secara baik dalam memilih perabotan rumah tangga. Mulai dari biaya, fungsi, kualitas, dan desain dari perabotan rumah tangga harus dipikirkan secara matang sebelum memutuskan untuk membeli nya.

Nah berikut adalah pembahasan mengenai hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin membeli 5 perabotan rumah tangga ini.

Kulkas

Perlu diingat bahwa perabotan rumah tangga yang satu ini akan berfungsi selama 24 jam. Jadi kunci utama yang harus diperhatikan sebelum membeli kulkas adalah memilih kulkas yang hemat listik.

Pada umumnya, kulkas dengan freezer di bagian atas dipercaya lebih hemat energi dibandingkan dengan kulkas yang memiliki bagian freezer terpisah. Selain itu, kapasitas kulkas juga harus diperhatikan dengan jumlah anggota keluarga rumah Anda.

Jika keluarga Anda terdiri dari 2 orang maka kulkas 1 pintu dapat menjadi pilihan yang tepat disamping harganya nya juga jauh lebih murah dibanding kulkas 2 pintu. Nah, jika sudah menentukan model kulkas apa yang pas untuk rumah Anda, maka selanjutnya adalah memilih merek yang tepat.

Pilihlah kulkas dari merek yang sudah dikenal baik di pasaran, seperti Polytron, Sharp, LG, dan Sanyo. Walaupun harga kulkas dari merek ini lebih tinggi, tapi Anda tetap bisa mendapatkan potongan diskon hingga 40% jika belanja perabotan rumah tangga secara online.

TV

Banyak orang mudah tergiur dalam membeli TV tanpa melakukan penelitian lebih lanjut. Asalkan murah dan dapat menampilkan gambar maka sudah mencukupi kriteria standard.

Supaya Anda lebih bijak dalam membeli perabotan rumah tangga yang satu ini, maka kenali terlebih dahulu perbedaan antara TV LCD dan LED yang banyak beredar di pasaran.

TV LED merupakan model TV terbaru yang sudah mengalami peningkatan fitur dan teknologi. Selain dikategorikan sebagai TV hemat listrik, TV LED juga dipercaya lebih awet dan dapat dipakai lebih dari 75 ribu jam.

Nah, jika Anda adalah penggemar dari tayangan internet, seperti Youtube, maka membeli smart TV yang memiliki fitur tambahan seperti komputer dapat menyempurnakan hidup Anda pastinya.

Kompor Masak

Perkembangan jaman, juga sudah merubah perkembangan kompor masak dari yang menggunakan minyak tanah menjadi gas dan listrik. Banyak ibu-ibu rumah tangga yang bingung memilih antara keduanya.

Masing-masing memiliki sisi kekurangan dan kelebihan. Akan tetapi, mudah saja dalam menentukannya karena semua tergantung dari kebutuhan dan pilihan Anda.

Jika Anda menyukai metode memasak yang praktis, mudah dibersihkan, dan ramah lingkungan maka kompor listrik akan lebih sesuai dengan karakter Anda.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli 5 Perabotan Rumah Tangga Ini

Ilustrasi. (Shutterstock)

Disamping itu, kompor listrik juga memiliki desain yang modern dan mudah diletakkan di setiap sudut ruangan sehingga dapat sekaligus berfungsi untuk mendekorasi ruangan.

Kompor listrik memiliki tingkat pemicu kebakaran yang rendah jika dibandingkan dengan kompor gas, akan tetapi kelemahan dari kompor listrik yaitu membutuhkan daya listrik yang besar sehingga dapat membuat lonjakan tagihan listrik Anda membengkak.

Hal ini lah, yang masih menjadikan kompor gas sebagai pilihan favorit masyarakat Indonesia. Hasil masakan yang dimasak menggunakan kompor gas juga terasa lebih gurih dan nikmat dikarenakan panas yang merata dan mudah dalam mengontrol besar kecilnya api.

Jika Anda seseorang yang hobi memasak, maka kompor gas lebih sesuai agar dapat membantu Anda dalam mengkreasikan masakan lezat.

AC

Jika dahulu AC merupakan kebutuhan tersier, tapi sekarang mungkin sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah bersuhu panas, seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Lalu bagaimana tips memilih AC yang awet, sesuai kebutuhan, dan budget? Pertama, tentukan luas ruangan yang ingin dipasangi AC agar Anda dapat menentukan berapa PK AC yang dibutuhkan.

Semakin besar PK AC maka semakin mahal harga nya dan listrik yang akan dikonsumsi nantinya. Setelah itu, tentukan model AC yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pada umumnya, model AC Split paling banyak digunakan pada ruangan di rumah-rumah. Selain mudah untuk dipasang dan dibersihkan, AC Split juga lebih awet dan terjangkau harganya.

Terakhir adalah memastikan AC memiliki fitur seperti Ecosaver, Plasmacluster, JET Cool, dan lain sebagainya agar Anda dapat memaksimalkan fungsi AC dengan sebaik-baiknya.

Nah, jika sudah tau AC apa yang sesuai kebutuhan Anda, jangan lupa untuk membandingkan harga AC di toko elektronik dan toko online karena akan ada harga spesial dan promo menarik alat elektronik, seperti AC yang bisa selalu dimanfaatkan.

Magic com

Satu lagi perabotan rumah tangga yang tidak boleh dilupakan, yakni magic com. Banyak orang yang merasa bingung dengan perbedaan antara magic com dan rice cooker.

Walaupun sama-sama berfungsi untuk memasak nasi, akan tetapi magic com memiliki fungsi untuk memasak sayur hingga membuat kue. Tentunya, harga dan listrik yang digunakan akan lebih tinggi untuk penggunaan sebuah magic com.

Akan tetapi, jika Anda adalah seorang anak kost atau tinggal sendiri dan menginginkan sesuatu yang praktis, maka magic com akan menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan makanan Anda.

Loading...
Advertisement