Muhammad Abdul Rafiq, Santri yang Mengukir Prestasi pada Lomba Hafalan Al Quran Tingkat Dunia

Muhammad Abdul Rafiq
Muhammad Abdul Rafiq

RANCAH POST – Tak terhitung banyaknya warga Indonesia yang mengharumkan nama Indonesia di mata dunia setelah berhasil mengukir prestasi dalam suatu ajang.

Muhammad Abdul Rafiq salah satunya, pemuda berusia 21 tahun asal Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang ini berhasil meraih juara pada ajang Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) tingkat Internasional yang diselenggaran di Arab Saudi pada 7-11 Oktober 2017.

Muhammad Abdul Rafiq sukses meyingkirkan para penghafal Al Quran dari seluruh dunia, termasuk Arab Saudi, dan berhasil meraih juara ketiga. “Al Hamdulillah,” ujar Rafiq, Selasa (17/10/2017), di Ponpes Roudhotul-Huffadz Lopait.

Tepat Senin (16/10/2017) malam, hafidz Quran Muhammad Abdul Rafiq yang tiba di kampung halaman disambut warga dengan meriah. Rafiq tak hanya diarak keliling kampung, tapi juga disambut dengan lantuna shalawat badar.

BACA JUGAPerahu Terbalik, Santri Langitan Tenggelam di Bengawan Solo

“Oleh warga saya diarak dari jalan sampai rumah, di rumah juga digelar syukuran secara sederhana,” ujar Rafiq.

Dalam lomba hafalan Al Quran yang dilaksanakan di komplek Masjidil Haram, Muhammad Abdul Rafiq meraih peringkat ketiga dengan nilai 98,6. Juara pertama diraih peserta asal Bangladesh dengan raihan nilai 99 dan juara 2 berasal dari Nigeria dengan raihan nilai 98,8.

Lomba hafalan Quran itu pun diliput sejumlah media yang berada di semenanjung Arab. “Hadiah yang diterima berupa piagam dan uang sebesar 80 ribu real,” kata Rafiq.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Semarang Muhdi menyampaikan apresiasi atas prestasi yang diraih Muhammad Abdul Rafiq. Prestasi tersebut, kata Muhdi, menunjukkan bahwa bangsa non Arab bisa fasih dalam membaca Al Quran.

Orang yang lihai berbahasa arab tidak menjamin menguasai Al Quran, karena Al Quran firman Allah sebagai mukjizat Rasul perlu di pelajari. Terbukti juara 1 di raih Banglades, juara dua Negeria dan Indonesia juara 3, semoga membawa barakah.

Loading...

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here