Lazada, Shopee dan Bukalapak Jadi Toko Online Paling Populer Pada Singles Day 2017

Mengukur Popularitas Toko Online Pada Singles Day 2017
Mengukur Popularitas Toko Online Pada Singles Day 2017

RANCAH POST – 11 November atau 11.11 diperingati sebagai hari ‘Jomblo’ atau Singles Day. Tanggal ini juga dimeriahkan dengan berbagai diskon besar-besaran dari toko online yang ada di Asia, termasuk Indonesia.

Beberapa hari lalu kita melihat banyak toko online yang ikut berpartisipasi pada momen 11.11 ini. Beberapa diantaranya Bukalapak, Lazada, Zalora, Shopee, Blanja, Blibli, Elevenia, dan masih banyak lagi.

Riset ini dilakukan untuk melihat bagaimana popularitas toko online pada momentum 11.11 tahun 2017 ini.

Dalam riset ini, dilakukan perbandingan terhadap beberapa toko online besar di Indonesia seperti, Bukalapak, Lazada, Shopee, Tokopedia, dan Zalora.

Untuk mengukur popularitas toko online ini digunakan data-data yang tersedia di Google Trends berdasarkan waktu dan juga wilayah.

Lazada, Shopee dan Bukalapak Menjadi Toko Online Paling Populer di Wilayah Indonesia

Jika diperhatikan dari data Google Trends yang dikumpulkan, ada tiga toko online yang berhasil mendominasi popularitas di wilayah-wilayah Indonesia.

Mengukur Popularitas Toko Online Pada Singles Day 2017

Pada peringkat pertama ada Lazada, kedua Shopee, dan ketiga Bukalapak

Lazada
Lazada mendominasi popularitas dari 21 provinsi di Indonesia.

Jika kita perhatikan, beberapa minggu sebelum tanggal 11 November 2017, sudah banyak terpampang iklan promosi 11.11 dari Lazada. Mulai dari iklan offline, sampai iklan online. Seperti di media sosial dan juga media online dengan cara melakukan siaran pers untuk mempromosikan pesta diskon ini.

Selain itu, Lazada juga aktif menggaet berbagai social media influencers untuk membantu mereka meningkatkan kesadaran masyarakat akan momen besar ini.

Berikut adalah daftar wilayah di mana Lazada menjadi toko online paling populer.

NoProvinsiNilai Search Interest
1Banten100
2Jawa Barat82
3Sumatera Barat79
4DKI Jakarta76
5DIY Yogyakarta70
6Riau61
7Bali60
8Lampung59
9Sumatera Selatan57
10Kalimantan Timur55
11Jawa Tengah54
12Sumatera Utara54
13Jawa Timur42
14Aceh39
15Nusa Tenggara Timur28
16Papua Barat25
17Sulawesi Barat23
18Maluku21
19Papua21
20Gorontalo19
21Sulawesi Tenggara18

Shopee
Shopee mendominasi popularitas dari 11 provinsi di Indonesia, khususnya di Kalimantan dan Sulawesi. Shopee juga menawarkan berbagai macam diskon untuk momentum 11.11. Jika diperhatikan pada website mereka, terpampang besar tulisan “diskon up to 90%” untuk berbagai macam produk.

Berikut adalah daftar wilayah di mana Bukalapak menjadi toko online paling populer.

NoProvinsiNilai Search Interest
1Bangka Belitung43
2Bengkulu37
3Kepulauan Riau42
4Jambi34
5Sulawesi Selatan20
6Kalimantan Utara38
7Kalimantan Tengah34
8Sulawesi Utara28
9Kalimantan Barat32
10Kalimantan Selatan35
11Sulawesi Tengah30

Bukalapak
Bukalapak juga mendominasi 2 provinsi yang terletak di wilayah timur Indonesia, yaitu Nusa Tenggara Barat dan Maluku Utara.

Saat 11.11, Bukalapak juga dengan gencar mempromosikan program “Diskon Sampai Jodoh”.

NoProvinsiNilai Search Interest
1Nusa Tenggara Barat35
2Maluku Utara21

Popularitas Toko Online Berdasarkan Waktu

Mengukur Popularitas Toko Online Pada Singles Day 2017

Jika kita melihat data popularitas berdasarakan waktu yang ada di Google Trends, ada beberapa temuan menarik yang bisa kita dapatkan adalah sebagai berikut.

Popularitas Toko Online Lazada Meningkat Tajam Setiap Jam 1
Dari gambar yang ada, kita bisa melihat kenaikian yang cukup signifikan dari toko online Lazada pada jam 1 pagi, dan puncak popularitasnya terjadi pada jam 1 siang.

Hal ini dapat terjadi karena banyaknya “flash sale” atau promo yang dilakukan Lazada dalam jangka waktu yang terbatas.

Popularitas Tokopedia Tetap Tinggi Tanpa Promo 11.11
Dalam pengamatan kami, Tokopedia tidak memiliki promo khusus Singles Day, namun dari data Google Trends, popularitas mereka masih tetap tinggi.

Bukalapak dan Shopee Bersaing Sengit
Popularitas Bukalapak dan Shopee saling “menyalip”. Jika memperhatikan data di grafik, ada saat popularitas Bukalapak di atas Shopee, dan ada juga Shopee di atas Bukalapak.

Popularitas Toko Online Menurun Setelah 11.11
Berdasarkan data yang kami kumpulkan, popularitas toko online di Indonesia mulai kembali normal setelah momentum Singles Day.

Sumber: Insights iPrice

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here