Cara Mencegah dan Mengatasi Kerontokan Rambut

Cara Mencegah dan Mengatasi Kerontokan Rambut
Cara Mencegah dan Mengatasi Kerontokan Rambut

RANCAH POST – Kerontokan rambut tak hanya dialami oleh kalangan lansia saja, semua umur berpotensi mengalami masalah tersebut. Pasalnya rambut rontok bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik itu dari luar seperti hilangnya minyak alami rambut, polusi, hingga salah pilih shampoo.

Atau kerontokan rambut ini juga bisa Anda dapati karena faktor intern seperti stress, kekurangan nutrisi, dan lain-lain. Mencegah dan mengatasi kerontokan rambut bukanlah hal yang sulit lagi.

Gunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Selain mudah didapatkan, bahan-bahan alami ini merupakan sumber nutrisi seperti vitamin A, B dan C yang efektif mengoptimalkan kesehatan rambut Anda.

Akar rambut pun akan diperkuat sehingga kerontokan tidak datang kembali. Jenis bahan alami untuk mengatasi kerontokan pun sangat beragam, mulai dari jeruk nipis hingga teh hijau.

Berikut ulasan selengkapnya untuk mencegah dan mengatasi kerontokan rambut.

Cara Mencegah dan Mengatasi Kerontokan Rambut

1. Jeruk nipis
Jeruk nipis merupakan bahan alami yang kaya vitamin C. Kandungan alaminya ini bermanfaat untuk merawat rambut rontok secara alami. Selain itu kerontokan rambut yang disebabkan karena ketombe juga bisa diatasi dengan masker jeruk nipis.

Usapkan air jeruk nipis ke seluruh permukaan rambut Anda. Setelah merata dan didiamkan 15 menit, bilas dengan air hingga bersih.

2. Jahe
Siapa sangka rempah alami ini juga bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi kerontokan secara efektif. Jahe memiliki nutrisi yang berfungsi merawat kekuatan rambut Anda.

Campurkan jahe dan bawang putih kemudian haluskan hingga tercampur rata. Setelah itu oleskan pada seluruh permukaan rambut Anda. Diamkan hingga masker meresap barulah bilas dengan air bersih.

3. Teh hijau
Bahan alami sumber antioksidant ini bermanfaat baik untuk merawat rambut dan menguatkan akar rambut. Teh hijau juga baik untuk mencegah kerusakan rambut akibat paparan radikal bebas.

Aplikasikan air teh hijau yang sudah didinginkan ke seluruh permukaan rambut Anda. Setelah itu diamkan selama 1 jam dan bilas dengan shampoo hingga bersih.

4. Minyak essensial
Minyak essensial juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi kerontokan rambut. minyak essensial ini banyak contohnya seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak wijen, dan lain-lain.

Balurkan minyak essensial ke seluruh permukaan rambut dan kulit kepala. Biarkan vitamin E nya meresap ke area rambut Anda. Lakukan perawatan secara rutin 2 kali dalam seminggu untuk hasil optimal.

5. Alpukat
Buah alpukat pun bisa Anda gunakan untuk mencegah sekaligus mengatasi kerontokan rambut. Di dalam alpukat terkandung protein yang baik untuk menguatkan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut nada.

Haluskan buah alpukat dan balurkan ke seluruh permukaan rambut dan kulit kepala Anda. Setelah didiamkan 20 menit barulah bilas dengan shampoo hingga rambut bersih.

Demikianlah beberapa cara mudah untuk mencegah dan mengatasi kerontokan rambut.

BACA JUGA: Masker Pencegah Rambut Rontok Paling Ampuh

Semoga bermanfaat dan semoga berhasil!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here