Dianggap Sepele, 10 Detail Pada Benda Ini Ternyata Punya Fungsi Penting

Dianggap Tak Penting 10 Detail Pada Benda Ini Ternyata Punya Fungsi Penting
Dianggap Tak Penting 10 Detail Pada Benda Ini Ternyata Punya Fungsi Penting

RANCAH POST – Bukan rahasia lagi jika saat ini dunia semakin maju dengan perkembangan-perkembangan teknologi yang makin modern. Sejumlah alat untuk menunjang kehidupan sehari-hari pun makin banyak dan makin praktis.

Namun terkadang kita melupakan detail benda yang sangat akrab dengan aktivitas kita sehari-hari.

Disadari atau tidak, ada sejumlah benda yang memiliki detail yang ternyata diciptakan bukan tanpa alasan.

Terlihat sepele bahkan dianggap tak ada fungsinya, sejumlah detail dalam benda-benda dibawah ini ternyata memiliki arti yang masuk akal.

Dilansir Brilio.net, berikut ini 10 detail benda dan fungsinya yang tak banyak orang ketahui.

10 Detail Benda dan Fungsinya

Tambalan Siku


Pada pakaian seperti kaos atau kemeja dengan lengan panjang, kita pasti menemukan bagian siku yang ditambal. Bukan hanya pemanis agar lebih keren rupanya tambalan ini terinspirasi dari seragam militer.

Para tentara biasanya akan merayap ketika perang, karena itu bantalan pada baju di bagian diku sangat penting untuk pelindung.

Simpul punggung kemeja


Sebagian pakaian dengan jenis kemeja biasanya akan terdapat sebuah simpul pada bagian punggung. Banyak yang memiliki anggapan bahwa simpul itu untuk menggantung kemeja sementara ada pula yang menganggp sebagai pengikat dasi.

Cone es krim


Dahulu kala konon es krim itu disajikan di dalam gelas, namun karena cuaca panas serta pembeli yang banyak, penjual pun tidak memiliki cukup gelas.

Akhirnya pembuat wafel memiliki ide yang unik, ia membentuk wafel menjadi kerucut untuk wadah eskrim. Wafel itulah yang saat ini disebut cone.

Bulu pada tudung jaket


Bulu ini rupanya terinspirasi dari pakaian warga kutub. Untuk melindungi wajah mereka tetap hangat maka tudung tersebut ditambah bulu. Namun saat ini bulu di tudung jaket difungsikan sebagai pemanis saja.

Titik-titik di botol


Botol kaca produk minuman atau yang lainnya, pasti akan terdapat titik-titik di pangkalnya. Rupanya hal tersebut berfungsi untuk memudahkan perhitungan ketika produksi.

Rumbai sepatu


Sebagian sepatu ada yang dilengkapi dengan rumbai. Rumbai ini rupanya terinspirasi dari sepatu khas Norwegia. Ketika itu rumbai bisa dikencangkan atau dikendorkan sesuai keinginan pemakai. Namun saat ini rumbai digunakan sebagai pemanis saja.

Potongan terbuka roti prancis


Di permukaan roti prancis biasanya ada potongan terbuka. Ada yang menganggap bahwa potongan itu untuk membuat roti tidak pecah saat dipanggang. Namun ada pula yang menganggap jika potongan tersebut hanya untuk membuat roti lebih estetis.

Belahan pantat parka


Parka biasanya akan mempunyai belahan di bagian pantatnya. Ternyata belahan ini juga mengikuti baju militer. Dulu anggota militer memakai jeket selutut supaya tubuh hangat namun diberi belahan bagian pantat untuk mempermudah pergerakan.

Lingkaran warna kemasan plastik


Pada bagian bawah di kemasan makanan, biasanya terdapat lingkaran warna kuning, mereka dan juga biru. Ruoanya lingkaran ini menunjukan tinta apa yang digunakan untuk mencetak warna pada kemasan tersebut.

Manik ferit

BACA JUGA

Pada ujung Charger laptop selalu ada bagian bentuk tabung dengan lubang kecil pada permukannya. Bagian tersebut dikenal dengan sebutan manik ferit. Fungsinya untuk menghindari laptop dari gangguan elektromagnetik.

Loading...

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here