Jadi Pergunjingan Warga, Meikarta Banjir

Jadi Pergunjingan Warga Meikarta Banjir
Jadi Pergunjingan Warga Meikarta Banjir

RANCAH POST – Banjir yang melanda kawasan proyek Meikarta Cikarang rupanya menjadi pergunjingan warga. Video Meikarta banjir yang beredar pun viral di media sosial dan aplikasi pesan singkat.

Bahkan Letnan Jenderal TNI (Purn) Johannes Suryo Prabowo ikut mengunggah video Meikarta banjir pada akun Instagram miliknya.

“Ini benar di MEIKARTA #indonesia?” tulis Suryo Prabowo.

Video banjir di Meikarta yang mendapat beragam tanggapan dari netizen tersebut disebutkan sebagai kritikan terhadap keberadaan proyek tersebut.

Suryo juga menyebut bahwa perizinan proyek Meikarta diduga masih bermasalah. Kendati demikian, pembangunan dan pemasaran sudah dilaksanakan.

“Adanya video viral tersebut memperlihatkan bahwa desain pembangunan secara makro tidak benar, lokasi pembangunannya pun di tanah subur yang memiliki banyak air,” kata Suryo, Kamis (8/2/2018).

Kepada Grup Lippo selaku pengembang, Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta penjualan Meikarta dihentikan sebelum melengkapi izin.

Dari rencana pengambangan 500 hektare, pihak Meikarta baru memiliki izin pembangunan 84 hektare.

Kendati izin masih bermasalah, Meikarta tecatat sebagai merek dengan belanja iklan tertinggi lebih dari Rp1,5 triliun. Demikian sebagai catatan lembaga riset pemasaran Nielsen.

Sementara itu dikatakan Direktur Informasi Publik Meikarta Danang Kemayan Jati, kejadian Meikarta banjir sudah ditangani.

Danang menyebut bahwa anomali cuaca yang terjadi sekarang ini merupakan penyebab banjir di sejumlah daerah.

“Infrastrukturnya baru dikerjakan, begitu juga dengan gorong-gorong dan yang lainnya, jadi sempat banjir. Tapi sekarang sudah beres,” ucap Danang.

Penanganan banjir Meikarta, lanjut Danang, dilakukan dengan memperbaiki saluran air yang tersumbat dan memperlebar jalur air.

BACA JUGAPolling Netizen Jika WhatsApp Diblokir Pemerintah, 65 Persen Pilih Ini Sebagai Gantinya

Sebelumnya, kejadian Meikarta banjir juga pernah terjadi. Adalah akun Facebook Husna Mubarok yang membagikan sejumlah foto yang memperlihatkan genangan air melanda mega proyek Meikarta.

Loading...

6 COMMENTS

  1. ga ad yg perlu di salahkan, nama nya juga bencana alam…sama seperti longsor, emang mau di salahin tanah nya, kan nggak begitu juga…manusia ny yg hrus sadar untuk menjaga dan melestarikan lingkungan

  2. setju dgn statement pihak meikarta, yg nama ny bencana alam kan ga bsa di prediksi..kota modern dan canggih aja kalau di hajar hujan terus menerus hmpir stiap hari bsa banjir juga, ga ad pngembang yang membangun tnp mmikirkan sistem drainase…smua pst profesional

  3. hahhh!!! kalau kau perhatikan video itu diujung jalan itu ada rumah kampung, jadi gak relevan dengan meikarta, saya kwatir yang buat video tersebut adalah orang-orang yang sudah dari sananya mencari2 kesalahan meikarta, mari kita bijak menilai sesuatu

  4. yang gini masih bisa dimaklumin wong pembangunannya belum keatas masih dibawah-bawah pembangunan jalan dan selanjutnya bisa jadi pembagunanan drainase, kecuali kalau pembangunannya sudah selesai kemudian banjir terjadi baru bisa komennnn

  5. Sudahlahhh jangan terlalu dibesar-besarkan, kita harus bisa melihat mana banjir sesungguhnya mana banjir-banjiran, kalau yang di Jakarta itu baru namanya banjir beneran karena pembangunan diJakarta sudah dilakukan berpuluh-puluh tahun tapi kok masih tetap banjir, sedangkan yang divideo itu belum ada tuh bangunannyaa.

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here