Connect with us

Tentainment

Dianggap Bikin Sial, Ini 10 Pantangan yang Tak Boleh Dilakukan Saat Imlek

Published

on

Dianggap Bikin Sial Ini 10 Pantangan Yang Tak Boleh Dilakukan Saat Imlek
Foto. (ILUSTRASI)

RANCAH POST – Tahun baru Imlek akan segera tiba, lebih tepatnya tanggal 16 februari 2018. Suasana Imlek pun sudah mulai terasa di setiap tempat. Mulai dari berbagai dekorasi khas imlek di tempat umum hingga sejumlah baliho.

Bagi masyarakat Tionghoa, perayaan Imlek merupakan tradisi pergantian kalender tahuan menuju tahun yang baru.

Umumnya dalam peringatan pergantian tahun ini sama halnya layaknya sejumlah kepercayaan merayakan hari besar.

Mereka akan pergi ke tempat ibadah, dan bertemu dengan keluarga dan juga kerabat.

Namun ternyata ada sejumlah pantangan yang dipercayai akan menimbulkan kesialan jika dilakukan saat Imlek.

Berikut ini 10 pantangan yang tak boleh dilakukan saat Imlek.

10 Pantangan yang tak Boleh Dilakukan Saat Imlek

Pakaian Hitam Putih


Etnis Tionghoa mempercayai bahwa baju hitan atau putih merupakan tanda berkabung, karena itu tidak pantas untuk dipakai ketika hari besar seperti Imlek.

Menangis


Menangis juga merupakan hal yang dihindari saat perayaan Imlek yang penuh suka cita. Konon dengan menangis ketika Imlek dipercaya akan mendatangkan sebuah pertanda yang buruk.

Meminjamkan Uang


Meskipun meminjamkan uang merupakan hal yang baik karena bisa membantu orang lain, namun jangan dilakukan saat Imlek. Konon hal itu merupakan simbol kehilangan rezeki.

Mencuci baju


Biasa dilakukan setiap hari, ternyata mencuci baju dilarang saat Imlek. Dipercayai bahwa mencuci baju di hari pertama dan kedua perayaan membuat sang Pencipta Alam menjadi murka.

Menjahit


Setiap wanita dianjurkan untuk tidak menggunakan aktivitas yang berhubungan dengan jarum termasuk menjahit saat imlek. Konon hal tersebut bisa mendatangkan nasib buruk.

Makan bubur


Makan bubur di pagi hari saat Imlek adalah sebuah pantangan. Konon makan bubur di pagi hari merupakan kebiasaan dari orang miskin tak memiliki uang.

Rumah Sakit


Jika tidak dalam kondisi darurat, di dalam perayaan Imlek Anda tidak boleh pergi ke rumah sakit. Dipercaya hal tersebut bisa mendatangkan penyakit serta nasib buruk.

Jangan bunuh apapun


Membunuh segala hal pun tak diperbolehkan saat imlek. Perbuatan tersebut dianggap tak menguntungkan. Hewan maupun makhluk lain yang mengeluarkan darah dinilai merupakan tanda malapetaka.

Pecahkan piring


Ketika Imlek Anda harus hati-hati dengan barang pecah. Memecahkan barang seperti piring, gelas dan sebagainya dianggap membawa kesialan.

Gunting

BACA JUGA

Sama dengan jarum, menggunakan gunting juga dilarang saat Imlek. Hal ini dianggap sebagai tanda akan ada pertengkaran dengan orang lain.

Loading...
Advertisement