Ini 8 Ponsel Vintage Nokia yang Mungkin Bakal Lahir Kembali

Nokia 3310 dan Nokia 8110 Reborn
Nokia 3310 dan Nokia 8110 Reborn

RANCAH POST – Selain merilis ponsel baru kekinian dengan OS Android dan spesifikasi menantang seperti Nokia 8 Sirocco dan Nokia 7 Plus. Perusahaan bernama HMD Global yang menangani brand Nokia saat ini juga memiliki kegemaran lain, seperti merilis ponsel reborn.

Dimulai dair kehadiran Nokia 3310 versi Reborn yang tanpa diduga rupanya mendapat sambutan meriah dan luar biasa dari fans lama Nokia. Hadir dengan penampilan baru dan teknologi terkini, ponsel Nokia 3310 baru rupanya masih memberikan beberapa kesan mendalam bagi fans Nokia, meski banyak perubahan dalam berbagai hal.

Disamping itu, kesuksesan Nokia 3310 di berbagai sektor, termasuk versi termahal yang menawarkan dukungan 4G LTE juga menginspirasi perusahaan HMD Global untuk kembali merilis model reborn dari ponsel vintage Nokia.

Dan tahun ini, pada WMC 2018 mereka memperkenalkan seri baru, Nokia 8810 2018. Ponsel dengan desain unik dan mungkin satu-satunya di dunia, dengan tema mirip pisang bisa dikatakan.

Tak mustahil, jika HMD Global kembali berminat dan tertarik untuk merilis ponsel vintage lain. MIsalnya seperti Nokia 1100 dan beberapa seri populer lain di masa lalu Nokia. Dan berikut adalah 8 ponsel vintage Nokia yang memiliki kemungkinan besar untuk dibuat seri reborn-nya.

8 HP Nokia yang Mungkin Bakal Dibuat Reborn

1. Nokia 1100

Ini 8 Ponsel Vintage Nokia yang Mungkin Bakal Lahir Kembali
Nokia 1100

Ponsel yang sangat jadul bisa dibilang. Desian mungil dengan suara nyaring. Menawarkan layar monokrom yang khas di masanya. Nokia 1100 juga dikenal cukup apik dengan fungsi atau kemampuan dasar, yakni berkirim pesan dan melakukan panggilan telpon.

Disamping itu, Nokia 1100 juga menawarkan kemampuan berkirim ringtone dan melakukan pencarian gambar. Dan tentu saja, memainkan beberapa game bawaan yang khas dari Nokia. Jika dibuat ulang, ada kemungkinan ia bakal menawarkan dukungan 3G atau 4G LTE.

2. Nokia Ringo

Ini 8 Ponsel Vintage Nokia yang Mungkin Bakal Lahir Kembali
Nokia Ringo

Nokia Ringo atau juga dikenal sebagai rinGo adlah ponsel pertama Nokia yang menawarkan layanan pra-bayar. Meski merupakan hal lazim saat ini, namun layanan ini termasuk jarang di masanya, yakni pada 1995 lalu ketika Nokia RinGo mulai diluncurkan.

Ponsel ini juga disebut dengan istilah Pay as You Go Phone dimana Anda perlu bayar dulu, baru nelpon.

3. Nokia N90

Ini 8 Ponsel Vintage Nokia yang Mungkin Bakal Lahir Kembali
Nokia N90

Ponsel yang cukup terkenal di kalangan anak generasi 90-an atau 2000-an, dimana ponsel ini merupakan salah satu telpon genggam paling mewah di masanya.

Sebuah flip-phone dengan punguk besar diatas engselnya. Dibekali dua layar (layar utama dan sekunder ketika di tutup dan sudah berwarna). Bodinya terbilang tebal, namun daya tarik utamanya adalah bagian layar yang bisa diputar ke berbagai arah, bahkan membuat ponsel ini menyerupai handycam.

DI masanya, Nokia N series bisa dibilang sebagai flagshipnya Nokia, dengan jajaran ponsel berkelas premium.

4. Nokia N-Gage

Ini 8 Ponsel Vintage Nokia yang Mungkin Bakal Lahir Kembali
Nokia N Gage

Mungkin jaman sekarang, ponsel seperti Nokia N-Gage ini dikatakan sebagai fosil. Namun sebaiknya kamu tahu, bahwa di masanya dulu, ponsel N-Gege ini adalah ponselnya para gamer.

Dan dengan nama N series dari Nokia, ia termasuk jajaran ponsel mewah dengan takaran gengsi berdosis tinggi.

Ponsel ini menjalankan OS Symbian dengan dukungan game berbasis Java dan Symbian, yang tentu saja sangat jarang ditemukan di ponsel saat itu.

Desainnya yang unik dimana menyerupai konsol seperti PSP atau GBA membuat Nokia N-Gage menjadi salah satu icon khas Gaming dari Nokia yang tak mudah dilupakan.

5. Nokia 6630

Ini 8 Ponsel Vintage Nokia yang Mungkin Bakal Lahir Kembali
Nokia 6630

Berbeda dengan masa kini, dimana kebanyakan smartphone dibuat mirip satu sama lain, Nokia di masa lalu ternyata cukup kreatif dalam hal desain ponsel.

Salah satu karya besar mereka adalah Nokia 6630, dimana menawarkan desain bertema hi-tech dengan susunan keypad yang luar biasa unik membentuk lingkaran di bawah layar. Tentu saja, jika dibalik, di punggung ponsel ada kamera 1,3MP dengan lubang super besar yang siap melahap Anda.

Ponsel ini memiliki ukuran kompak, namun desainnya cukup rumit dan bikin PD untuk pamer ke tetangga. Sepertinya akan ciamik jika dibuat versi rebor-nya dengan teknologi saat ini.

6. Nokia 5300 XpressMusic

Ini 8 Ponsel Vintage Nokia yang Mungkin Bakal Lahir Kembali
Nokia 5300 Xpressmusic

Bersaing dengan sejumlah ponsel Sony Ericsson yang fokus di sisi media, Nokia kembali menghadirkan terobosan, berupa ponsel berdesain slide, yang dibuat khusus untuk musik.

Sebenarnya NOkia 5300 XpressMusic tidak terlalu jadul. Sebelum smartphone menguasai dunia, Nokia 5300 XpressMusic masih menjadi salah satu ponsel mewah di Indonesia.

Selain desain slide yang ditawarkan, hal paling iconic dari ponsel ini adalah 6 tombol tambahan di samping layar. Di kiri ada tombol Play/Pause, Back dan Forward. Sementara di kanan ada tombol volume up, volume down dan shutter kamera.

Desain keypad di bagian depan ponsel ini lebih simpel dan elegan.

7. Nokia N95

Ini 8 Ponsel Vintage Nokia yang Mungkin Bakal Lahir Kembali
Nokia N95

Sering disebut salah satu raja ponsel sebelum Android, iOS dan BlackBerry merajalela. Bisa dibilang sudah smart, dengan OS Symbian terbaru, ponsel ini menawarkan berbagai kemampuan, baik di sisi produktifitas atau multimedia.

Nokia N90 ini hadir dengan desain slide, dan tampilan mirip seri Nokia N70 dari bagian depan. Membuatnya lebih berkelas dan premium. Sudah dilengkapi kamera selfue, lengkap dengan LED Flash, dan bisa memainkan berbagai game keren.

Ponsel ini juga sudah dibekali GPS dengan dukungan teknolog aplikais peta Nokia Here yang terkenal.

8. Lumia 1020

Ini 8 Ponsel Vintage Nokia yang Mungkin Bakal Lahir Kembali
Nokia 1020

Kalo yang satu ini merupakan generasi smartphone. Menjalankan OS Windows Phone saat itu, Nokia 1020 disebut-sebut sebagai salah satu ponsel legendaris Nokia, yang tak tergantikan.

Bagaimana tidak, dengan teknologi di masa itu, Nokia 1020 memiliki kemampuan kamera super, dimana ia bisa menghasilkan foto beresolusi 40 megapiksel.

Kamera ini bahkan dilengkapi lensa Carl Zeiss, dukungan optical stabilization, Xenon dan LED Flash.

BACA JUGA : 

Sayang, di tangan Microsoft belum ada hp Nokia atau Lumia yang mampu menyainginya. Entah di tangan HMD Global, apakah mereka akan menghadirkan penerusnya, atau malah membuat versi rebirth?

Loading...

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here