Telkomsel Tuntaskan Program CSR ‘Baktiku Negeriku’ di Kabupaten Sukabumi

Baktiku Negeriku di Kabupaten Sukabumi
Baktiku Negeriku di Kabupaten Sukabumi

RANCAH POST – Digelar simultan di delapan kabupaten/kota di seluruh Indonesia sejak bulan Oktober 2017, program Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel ‘Baktiku Negeriku’ akhirnya tuntas dilaksanakan.

Desa Gede Pangrango di Kabupaten Sukabumi menjadi destinasi akhir pelaksanaan kegiatan yang diupayakan dapat mendorong pengembangan potensi wisata serta perekonomian desa setempat.

Sebelumnya, profram ini telah sukses dilaksanakan di kota/kabupaten Lebak-Banten, Maumere-NTT, Morotai-Maluku Utara, Banda Neira-Maluku, Sembalun-Lombok Timur, Natuna-Kep. Riau, dan Nias-Sumatera Utara.

Program CSR ‘Baktiku Negeriku’ sendiri sejak awal memiliki tujuan pengembangan 4 aspek utama, yaitu stakeholder relationship, community development, employee involvement serta industrial relationship dengan mengkolaborasikan Corporate Management dengan keterlibatan Serikat Pekerja Telkomsel (SEPAKAT).

Melalui program ini, Telkomsel melibatkan karyawan untuk berpartisipasi dan berkontribusi secara langsung melalui sejumlah aktivitas seperti kerja sukarela karyawan (employee volunteering), gerakan peduli lingkungan (green movement), pembangunan fasilitas pusat digital (digital center), serta pembangunan infrastruktur.

“Telkomsel menyadari dalam menghadirkan layanan telekomnukasi seluler terluas secara konsisten hingga wilayah pelosok, Kami juga terpanggil berkontribusi secara lebih dekat untuk mengembangkan potensi masyarakat, khususnya yang berada di lokasi beroperasi fasilitas infrastruktur Telkomsel. Melalui program ‘Baktiku Negeriku’ ini, Kami berharap dapat membangun sinergi yang lebih kuat dengan masyarakat beserta perangkat desa dalam membuka peluang penghidupan yang lebih baik kedepannya.” kata General Manager Sales Regional Eastern Jabotabek Telkomsel Badar.

Pemilihan desa Gede Pangrango yang juga berada di wilayah Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, ini sesuai dengan pemetaan yang dilakukan sebelumnya secara menyeluruh guna memastikan kesesuaian lokasi serta kebutuhannya dengan tujuan awal program.

Berdasarkan hasil pemetaan tersebut, Desa Gede Pangrango dinilai memiliki potensi sumber daya alam yang besar yang dapat dikembangkan lebih lanjut, terutama untuk sektor industri pariwisata lokal.

Salah satu potensi wisata alam yang siap untuk kembangkan secara mandiri di wilayah Kecamatan Kadudampit ini adalah Jambatan Situ Gunung yang siap diresmikan pertengahan tahun ini.

Jembatan gantung dengan panjang 200 meter ini diklaim akan menjadi jembatan gantung terpanjang yang ada di provinsi Jawa Barat, dan diprediksi menjadi destinasi wisata lokal favorit baru untuk para wisatawan, terutama yang menggemari kegiatan swa foto di lokasi yang unik.

Dengan potensi yang ada tersebut, kehadiran program ‘Baktiku Negeriku’ ini diharapkan dapat membantu mempersiapkan masyarakat untuk mendorong pengenalan destinasi wisata lokal melalui pemanfaatan akses internet sebagai sarana promosi secara global.

Selama 2 hari, karyawan Telkomsel terjun langsung berbagi ilmu dan mensosialisasikan konsep #internetBAIK kepada komunitas warga desa seperti Karang Taruna dan kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), serta para pelajar SMK, dengan mengajarkan proses pembuatan konten digital agar dapat dimanafaatkan untuk mempromosikan potensi ekonomi dan wisata lokal yang ada di desa tersebut.

Badar lebih lanjut menjelaskan, Telkomsel juga berkeyakinan, dalam membangun ekosistem Smart City di suatu wilayah, maka hal utama yang perlu dikembangkan terlebih dahulu adalah konsep Smart People dalam diri masyarakatnya.

Untuk itu, Telkomsel menghadirkan aplikasi ‘Baktiku Negeriku’ yang dapat digunakan oleh masyarakat, komunitas dan perangkat desa untuk memastikan keberlanjutan manfaat dari program ‘Baktiku Negeriku’ di masa mendatang.

Melalui aplikasi ‘Baktiku Negeriku’, masyarakat desa dapat memanfaatkan beragam informasi yang tersaji secara real time, seperti informasi cuaca daerah setempat, harga pasar untuk komoditas pangan, hingga artikel menarik seputar pengembangan potensi ekonomi desa.

Aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai forum diskusi antar pengguna, serta sarana tempat berjualan produk kreasi lokal daerah setempat secara online.

Kehadiran karyawan Telkomsel secara langsung di desa Gede Pangrango dalam program ‘Baktiku Negeriku’ ini juga dimaksimalkan untuk membantu pembangunan fasilitas umum yang dibutuhkan masyarakat desa saat ini, seperti sistem pengairan yang nantinya akan mengalirkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat di desa Gede Pangrango, serta pembangunan fasilitas Digital Center guna memudahkan masyarakat desa memanfaatkan layanan digital sebagai penunjang gaya hidup.

“Telkomsel mengapresiasi sambutan yang hangat dari masyarakat dan jajaran Muspida setempat di desa Pangrango dan Kecamatan Kadudampit yang telah bersinergi memastikan pelaksanaan program ‘Baktiku Negeriku’ berjalan dengan lancar dan menjamin keberlangsungan program secara jangka panjang, sesuai dengan komitmen Telkomsel yang terus menghadirkan layanan terdepan dan berkualitas, hingga wilayah pelosok,” pungkas Badar.

Loading...

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here