Terjadi Sejak Minggu, Banjir Tasikmalaya Berangsur Surut

Terjadi Sejak Minggu Banjir Tasikmalaya Berangsur Surut
Terjadi Sejak Minggu Banjir Tasikmalaya Berangsur Surut

BERITA TASIKMALAYA, RANCAH POST – Banjir Tasikmalaya yang terjadi di Kecamatan Sukaresik pada Minggu kemarin akibat meluapnya sungai kini berangsur surut.

Dikatakan Kepala BPBD Kabupaten Tasikmalaya, EZ Alfian, banjir di Tasikmalaya dengan ketinggian sekitar 1,5 meter kini hanya tinggal semata kaki orang dewasa.

“Sekarang ketinggian banjir Tasikmalaya tinggal semata kaki, kemarin ketinggiannya ada yang mencapai 1,5 meter,” tutur Alfian, Senin (12/3/2018).

BPBD Tasikmalaya dan petugas gabungan, lanjut Alfian, diterjunkan untuk membantu warga dan memantau perkembangan banjir Tasikmalaya 2018.

Selain itu, BPBD juga meninjau kondisi rumah penduduk dan fasilitas umum yang terkena dampak banjir. “Tim dari BPBD diturunkan ke lokasi untuk memastikan bagaimana kondisi penduduk,” kata Alfian.

Dari hasil laporan tim, kata Alfian, warga lebih banyak bertahan di rumahnya masing-masing ketimbang mengungsi.

Adapun warga yang mengungsi, mereka memilih tinggal di rumah saudaranya yang aman dari genangan banjir.

“Yang mengungsi paling satu duak keluarga, mereka mengungsi ke rumah keluarganya yang lebih tinggi,” terang Alfian.

Alfian menjelaskan, rumah yang terdampak banjir Tasikmalaya di sejumlah desa di Kecamatan Sukaresik tercatat berjumlah 112 rumah.

Banjir Tasikmalaya akibat meluapnya Sungai Citanduy dan Sungai Cikidang setelah diguyur hujan itu tidak mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.

BACA JUGABanjir di Tasikmalaya Hari Ini, HZ Mustofa Terendam

Meski demikian, banjir di Tasikmalaya menggenangi areal pesawahan dan rumah milik warga yang berada di Desa Tanjungsari, Desa Sukaratu, dan Desa Banjarsari.

Loading...

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here