Banyak Pikiran Bisa Menyebabkan Rambut Rontok, Benar Nggak Sih?

Penyebab Rambut Rontok
Penyebab Rambut Rontok

RANCAH POST – Siapa yang tidak ingin memiliki rambut kuat dan bervolume? Tentu ini menjadi impian setiap wanita. Sayangnya, permasalahan rambut rontok sering dialami oleh hampir setiap wanita, terlebih jika kamu memiliki rambut panjang! Hal inilah juga yang membuat kebanyakan wanita rela mengeluarkan dana lebih untuk mencoba berbagai produk perawatan rambut.

Perlu diketahui, dalam kondisi rambut yang sehat wanita biasanya kehilangan 60-100 helai rambut setiap harinya. Jika melebihi batas jumlah tersebut, barulah kamu dapat dikatakan mengalami masalah kerontokan.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah kamu memiliki permasalahan rambut rontok adalah melihat jika sisirmu penuh dengan rambut, banyak rambut menempel pada bantal kepalamu, terasa menipis ketika dikuncir, mudah patah saat ditarik, dan rambut ikut rontok ketika keramas.

Berbicara soal kerontokan, katanya stres atau banyak pikiran bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Apakah itu benar?

Stres dapat meningkatkan risiko kerontokan
Ya, permasalahan kerontokan yang kamu alami sekarang ini kemungkinan disebabkan oleh stres. Menurut penelitian, stres dan rambut rontok memang memiliki keterkaitan satu sama lain. Mengapa begitu?

Pasalnya, stres berat dapat mendorong pertumbuhan rambut masuk pada fase istirahat sehingga membuat rambut jadi lebih tipis dan mudah lepas. Tipisnya rambut akibat stres biasanya dimulai di bagian tengah kepala lalu melebar ke bagian lain.

Stres juga bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti tekanan akibat melahirkan, jet lag, kurang istirahat, atau terlalu lelah bekerja.

Kenali cara mengatasinya
Lalu, bagaimana cara mengatasi rambut yang sudah menipis dan semakin rontok? Tidak perlu khawatir karena pada dasarnya, rambut rontok yang diakibatkan oleh stres dapat kamu hentikan. Mari ambil beberapa waktu untuk rileks sejenak dengan melakukan yoga atau meditasi guna mendapatkan pikiran yang lebih tenang.

Selain itu, olahraga ringan tersebut baik dilakukan secara rutin setidaknya 30 menit per hari. Lalu, olahraga seperti apa yang dimaksud? Sebenarnya, kamu bisa melakukan jenis olahraga apa saja. Kuncinya adalah aktif bergerak.

Coba cari jenis olahraga yang kamu senangi, ya. Pasalnya, jika kamu menyukai aktivitas olahraga tersebut, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang menstimulasi perasaan jadi lebih senang dan nyaman sehingga kamu dapat terhindar dari stres.

Rutin berolahraga juga dapat bantu memperbaiki metabolisme tubuh kurang seimbang yang juga menjadi salah satu pemicu kerontokan pada rambut.

Tidak hanya olahraga saja, coba untuk mulai terapkan pola makan sehat dengan mengkonsumsi sayur, buah, dan protein sebagai sumber nutrisi. Jika metabolisme tubuh sehat, proses pertumbuhan rambut pun akan semakin cepat.

Untuk itu, kamu bisa mengkonsumsi produk perawatan kesehatan yang dapat menunjang metabolisme tubuh, antara lain, suplemen rambut, vitamin B, dan suplemen untuk menjaga imun tubuh.

Pertumbuhan rambut memakan waktu
Meski begitu, perlu dimengerti bahwa tidak mungkin untuk rambut dapat tumbuh alami dalam waktu beberapa hari saja ya. Dibutuhkan proses tiga bulan untuk rambut dapat mulai tumbuh, dan tiga bulan selanjutnya untuk bisa terlihat tebal seperti sedia kala.

Nah, sekarang kamu sudah mengerti akibat stres pada rambut, saatnya mencari solusi yang tepat untuk membuat rambut lebih sehat, kuat, dan bebas rontok, salah satunya dengan menggunakan rangkaian produk perawatan rambut yang mampu menutrisi rambut secara mendalam dari akar hingga ujungnya.

Namun, pastikan kamu mencari produk yang sesuai dengan tipe rambutmu, ya! Jika kamu memiliki rambut rontok, coba gunakan produk perawatan rambut yang memiliki kandungan Trichazole.

Bagi kamu yang masih bingung dengan kandungan satu ini, Trichazole dipercaya mampu memperkuat akar rambut. Jadi, kandungan ini dapat membuat rambutmu tidak mudah lepas dari akar hingga ujungnya.

Selain itu, gunakan juga produk rambut dengan kandungan ginseng dan protein kedelai yang membantu mencegah enzim alami meluruhkan folikel rambut yang berfungsi penting untuk mengikat rambut ke kulit kepala.

BACA JUGA: Menghilangkan Kutu Rambut dengan Cepat dan Efektif

Mari atasi permasalahan rambut rontok agar kamu bisa tampil lebih percaya diri dan semangat dalam menjalani keseharianmu!

Loading...

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here