Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Maya Angelou ke-90, Siapakah Dia?

Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Maya Angelou ke 90 Siapakah Dia
Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Maya Angelou ke 90 Siapakah Dia

RANCAH POST – Ketika membuka laman utama Google, mata akan tertuju pada sebuah doodle yang memperlihatkan sesosok wanita berkulit gelap yang mengenakan kalung mutiara.

Bila kursor tetikus didekatkan pada doodle tersebut, akan nampak tulisan ‘ulang tahun ke-90 Dr. Maya Angelou’.

Uniknya lagi, ketika gambar doodle itu diklik, akan terdengar suara para pesohor dunia membacakan puisi dengan judul ‘Still I Rise’.

Adapun para pesohor yang membaca puisi tersebut di antaranya Oprah Winfrey, America Ferrera, Alicia Keys, Martina McBride, dan Maya Angelou itu sendiri.

Lantas siapakah Dr. Maya Angelou?

Maya Angelou adalah penulis memoar, penyanyi, penyair, sekaligus aktivis hak-hak sipil Amerika Serikat yang bekerja dengan Malcom X dan Martin Luther King Jr.

Selama hidupnya, Maya yang beberapa kali muncul dalam serial TV dan drama itu telah menerbitkan 7 otobiografi, tiga buku esai, dan sejumlah buku puisi.

Karena serial otobiografinya yang menceritakan masa kanak-kanak drinya hingga dewasa, Maya Angelou menerima lebih dari 50 gelar kehormatan.

Kesuksesan luar biasa pun diraih Maya setelah dirinya menulis buku pertama berjudul I Know Why the Caged Bird Sings.

Namun sebelum meraih kesuksesan, hidup Angelou penuh dengan perjuangan. Beberapa pekerjaan seperti penari klub malam, wartawan, juru masak, hingga pekerja seks pun pernah ia lakoni.

Tahun 1993, dalam pelantikan Presiden Bill Clinton, Maya mendapat kehormatan untuk membacakan puisi karangannya yang berjudul ‘On the Pulse of Morning’.

Karyanya ini pun mendapat penghargaan Grammy Award di tahun yang sama. Satu tahun kemudian, Dr Maya Angelou dianugerahi Spingram Medal.

Sedangkan pada masa pemerintahan Presiden Barrack Obama atau pada tahun 2011, Maya menerima anugerah ‘Presidential Medal of Freedom’.

Mengutip Wikipedia, Maya Angelou yang terlahir dengan nama Marguerite Annie Johnson itu lahir pada tanggal 4 April 1928.

BACA JUGA: Ada Katsuko Saruhashi di Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?

Wanita yang lahir dari pasangan suami istri Bailey Johnson dan Vivian Baxter Johnson tersebut meninggal dunia pada tanggal 28 Mei 2014.

Loading...

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here