Sukmawati Soekarnoputri Minta Maaf, Polisi Akan Upayakan Mediasi

Sukmawati Soekarnoputri Minta Maaf Polisi Akan Upayakan Mediasi
Sukmawati Soekarnoputri Minta Maaf Polisi Akan Upayakan Mediasi

RANCAH POST – Setelah puisi ‘Ibu Indonesia’ karya dirinya membuat kesal sebagian pihak di tanah air, Sukmawati minta maaf.

Pemintaan maaf Sukmawati Soekarnoputri atas puisi karyanya tersebut disampaikan secara khusus kepada umat Muslim Indonesia.

“Saya mohon maaf baik lahir maupun batin kepada umat Muslim Indonesia, khususnya kepada pihak yang merasa tersinggung terhadap puisi,” kata Sukmawati, Rabu (4/4/2018), di bilangan Cikini Jakarta.

Puisi tersebut, ujar Sukmawati, dibacakan mengikuti tema pagelaran busana dalam acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week.

“Karya sastra ini murini mewakili saya pribadi, tidak ada maksud menghina Islam melalui puisi. Saya Muslim yang bangga dengan keislaman,” ucap Sukmawati.

Sebagaimana diketahui puisi Sukmawati ‘Ibu Indonesia’ dipermasalahkan sejumlah pihak dan dilaporkan ke kepolisian lantaran dianggap menistakan agama.

Meski demikian, polisi membuka peluang menyelesaikan kasus puisi Sukmawati Soekarnoputri itu melalui mediasi tanpa harus ke pengadilan.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto menuturkan, langkah tersebut akan dipertimbangkan setelah melihat perkembangan situasi dan menyelidiki laporan masyarakat.

Namun, kata Setyo, pihaknya tidak akan memaksa penyelesaian permasalahan tersebut melalui jalan damai dan akan tetap memprosesnya sebagaimana aturan yang berlaku.

“Jika memang harus diselesaikan di pengadilan, kami proses sebagaimana aturan yang berlaku,” tutur Setyo.

Setyo mengaku bahwa sejumlah pihak telah membuat laporan terkait puisi Ibu Sukmawati yang dianggap menistakan agama, baik melalui Bareskrim maupun Polda Metro Jaya.

Untuk menyikapi laporan tersebut, pihaknya akan memeriksa sejumlah saksi, termasuk saksi ahli, dan mengumpulkan barang bukti.

BACA JUGA: Puisi Sukmawati Soekarnoputri ‘Ibu Indonesia’ Berujung Somasi

“Informasi yang saya terima, sudah ada dua yang melapor. Kita sekarang tengah melakukan penyelidikan, termasuk mengumpulkan keterangan dan mencari barang bukti,” ujar Setyo.

Loading...

1 COMMENT

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here