Kelak Ingin Dipanggil Ayah, Pria Transgender Ini Lahirkan Anak

Kelak Ingin Dipanggil Ayah Pria Transgender Lahirkan Anak
Kelak Ingin Dipanggil Ayah Pria Transgender Lahirkan Anak

RANCAH POST – Seorang wanita yang telah mengubah dirinya menjadi pria dikabarkan melahirkan anak. Lahirnya anak dari pria transgender itu merupakan kejadian pertama di Finlandia.

Namun identitas dari pria transgender lahirkan anak itu dirahasiakan demi menjaga privasi keluarganya. Begitu juga dengan jenis kelamin dari bayi tersebut, tidak diungkapkan ke publik.

“Beratnya hampir 4 kilogram dengan panjang 53 centimeter,” kata pria transgender itu, Kamis (5/4/2018), kepada media lokal setempat sebagaimana dilansir AFP.

Tahun 2015, selepas menjalani terapi hormon testosteron selama bertahun-tahun, pria transgender tersebut secara legal mengubah jenis kelaminnya dari perempuan ke laki-laki.

Namun wanita tersebut urung melakukan operasi perubahan alat kelamin yang menjadi sarat perubahan fisik menjadi laki-laki lantaran ingin mencoba hamil dengan suaminya.

Hukum Finlandia mengatur, jika seseorang ingin merubah jenis kelamin dari perempuan ke laki-laki, ia harus membuktikan dirinya sudah tidak subut atau infertil.

Setiap pasien transgender, sudah dianggap infertil manakala menjalani terapi testosteron dalam waktu yang lama. Kendati demikian, fertilitas bisa muncul kembali apabila terapi hormon dihentikan sementara.

Setelah memutuskan menghentikan terapi hormon sementara waktu, pria transgender yang tinggal bersama pasangannya di Helsinki itu pun kembali menstruasi.

“Apakah saya ingin masyarakat mengajari soal hidup dan apa yang harus saya lakukan terhadap tubuh saya? Saya pria bebas, tidak ada yang bisa menghentikan saya,” ujar dia saat hamil ketika diwawancarai surat kabar lokal Helsingin Sanomat.

Dokter sendiri sempat khawatir terapi hormon yang pernah dilakukan itu berpengaruh terhadap kehamilannya. Namun hingga hari kelahiran sang anak, tidak ada kendala dan berjalan dengan normal.

BACA JUGA: Ini Marvia Malik, Pembawa Berita ‘Oplosan’ Pertama di Stasiun TV Pakistan

Dari penuturan pria transgender tersebut, ia ingin anaknya tersebut kelal memanggilnya dengan sebutan ayah. Pasangan itu pun berkeinginan membesarkan anaknya di lingkungan netral gender.

Loading...

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here