Dikerumuni Kawanan Monyet, Pendaki Slovakia Andrey Voytech Ditemukan Tewas di Gunung Merbabu

Dikerumuni Kawanan Monyet Pendaki Slovakia Andrey Voytech Ditemukan Tewas di Gunung Merbabu
Dikerumuni Kawanan Monyet Pendaki Slovakia Andrey Voytech Ditemukan Tewas di Gunung Merbabu

RANCAH POST – Pendaki asal Slovakia Andrey Voytech ditemukan sudah tak bernyawa setelah dicari selama satu pekan usai dinyatakan hilang di Gunung Merbabu.

Andrey ditemukan sudah meninggal dunia Sabtu (7/4/2018) kemarin. “Korban yang diduga jatuh dari ketinggian 13 meter kami temukan di aliran sungai di area Kalimenek,” terang Kepala Basarnas Jateng, Noer Isrodin Muchlisin.

Dugaan sementara, pendaki Slovakia tewas di Gunung Merbabu usai terjatuh ke dasar sungai dan mengalami benturan hebat.

Namun tidak diketahui penyebab Andrey Voytech terjatuh ke dasar sungai. “Apakah sebabnya karena disorientasi karena hipotermia, tidak diketahui,” kata Noer.

Jasad pendaki tewas di Gunung Merbabu itu pun dievakuasi melalui jalur Cuntel. Selanjutnya, korban akan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Salatiga.

“Secara resmi, operasi pencarian kami hentikan dengan ditemukannya korban. Kami sampaikan terima kasih atas kerja sama tim SAR selama ini,” ujar Noer.

“Untuk memulangkan jenazah korban, kami akan melakukan koordinasi dengan Konjend Slovakia di Jakarta,” tambah Noer.

Adapun dari keterangan warga sekaligus relawan bernama Wahyu, saat ditemukan jenazah korban sudah membusuk dan dikerumuni kawanan monyet di aliran sungai yang ada di Gunung Merbabu.

Sebelum menemukan korban, dirinya bersama dengan tim SAR gabungan melakukan penyisiran dengan cermat dan hati-hati.

Ketika berada di Kali Menak, mereka melihat ada kawanan monyet tengah berkerumun di dasar sungai. Ketika relawan hendak mengambil gambar, kawanan monyet itu pergi.

Saat itulah korban yang selama satu pekan dicari itu pun terlihat. “Posisi kepalanya miring, tidak terlihat saat kami temukan sekitar pukul 08.25 WIB,” kata Wahyu.

BACA JUGA: Kawah Gunung Ijen Keluarkan Gas Beracun, Puluhan Warga Jadi Korban

Sebagaimana dihimpun, pendaki tewas di Gunung Merbabu itu dinyatakan menghilang sejak Jumat (30/3/2018) sore. Namun, hilangya korban baru dilaporkan rekannya satu hari kemudian.

Loading...

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here