Dunia Sastra Berduka, Danarto Meninggal Dunia

Sastra Indonesia Berduka Danarto Meninggal Dunia
Sastra Indonesia Berduka Danarto Meninggal Dunia

RANCAH POST – Salah satu sastrawan Indonesia, Danarto, dikabarkan meninggal dunia usai ditabrak motor Selasa (10/4/2018) siang kemarin sekitar pukul 13.30 WIB.

Danarto disebutkan ditabrak motor di Jalan H Juanda Ciputat, Kabupaten Tangerang. Meski sempat mendapat perawatan, nyawa sastrawan Indonesia itu tidak dapat diselamatkan.

Berita Danarto meninggal dunia dibenarkan salah satu kerabat bernama Hamid Bayaib yang sempat menengok korban di Rumah Sakit Fatmawati.

“Informasi yang saya terima, meninggal pukul 20.54 WIB,” tutur Hamid, Selasa (10/4/2018) malam, melalui sambungan telepon.

Kasat Lantas Polres Tangerang Selatan AKP Lalu Hedwin Hanggara menuturkan, Danarto ditabrak oleh pengendara sepeda motor bernama Surya Lesmana saat hendak menyebrang jalan.

“Penyelidikan masih kita lakukan, apakah ingin menyebrang karena ragu-ragu, atau karena dia sedang tidak sehat, atau mungkin karena motor melaju kencang,” ucap Lalu.

Lalu menjelaskan, motor yang dikemudikan Surya melaju dari Polsek Ciputat menuju Lebak Bulus. Ketika melintas di Jalan H Juanda Ciputat, ada pejalan kaki yang menyebrang menuju BRI Kampung Utan.

Diduga tak bisa mengendalikan motor, Surya akhirnya menabrak korban. Korban yang mengalami luka pada kepala pun kemudian dilarikan ke RS Fatmawati Jakarta Selatan.

Dalam kecelakaan yang mengakibatkan Danarto meninggal, polisi masih memeriksa sejumlah saksi termasuk pengendara motor.

“Kecepatan sepeda motor 20 km/jam dari pengecekan terakhir, namun kami belum bisa berasumsi perihal itu. Saksi juga masih kita periksa,” terang Lalu.

Sementara di media sosial, duka juga disampaikan Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, atas meninggalnya sastrawan besar Indonesia itu.

BACA JUGA: Digelar Di Keraton Cirebon, Nani Wijaya Resmi Dipersunting Sastrawan Ajip Rosidi

“Malam ini Indonesia kehilangan seorang sastrawan besarnya. Mas Danarto, wafat pada hari Selasa 10 April pkl. 20.45 wib di Ruang UGD RS Fatmawati, Jakarta.  Almarhum tertabrak motor di Ciputat dekat UIN tadi siang sekitar pk 13.00. Danarto lahir di Sragen, Jawa Tengah, 27 Juni 1940 adalah penulis dan sastrawan Indonesia. Karyanya yang terkenal di antaranya adalah kumpulan cerpen, Godlob. Kumpulan cerpennya yang lain, Adam Ma’rifat, memenangkan Hadiah Sastra 1982 Dewan Kesenian Jakarta, dan Hadiah Buku Utama 1982. Tahun 2009 Danarto menerima Ahmad Bakrie Award untuk bidang kesusasteraan,” tulis Triawan.

Loading...

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here