Resep Ketupat Sayur Betawi, Sajian Nikmat untuk Hari Lebaran

Resep Ketupat Sayur Betawi Sajian Nikmat untuk Hari Lebaran
Resep Ketupat Sayur Betawi Sajian Nikmat untuk Hari Lebaran

RANCAH POST – Nggak terasa yah, Lebaran tinggal menghitung hari dan bulan suci Ramadhan pun akan segera berakhir. Kini, umat Muslim di seluruh dunia tengah bersiap untuk menyambut Idul Fitri.

Ngomongin soal Lebaran, selain saling maaf-maafan dan kumpul bareng keluarga besar, apalagi coba yang kalian nantikan?

Sudah ketebak, pasti ujung-ujungnya lari ke makanan. Ya, di momen Idul Fitri ini memang hampir di setiap rumah menghidangkan makanan khas Lebaran yang rasanya bikin ketagihan.

Selain opor dan rendang, menu lain yang dinanti-nanti saat Lebaran adalah ketupat sayur. Makanan yang satu ini banyak disukai orang-orang.

Nah, biar di hari Lebaran nanti kalian bisa menyajikan menu istimewa ini, kali ini kami akan memberikan resep ketupat sayur Betawi sajian yang khas di hari yang Fitri.

Oke, tanpa basa-basi lagi langsung saja yuk simak resep ketupat sayur Betawi dibawah ini. Jangan sampai ada yang ketinggalan, ya.

Resep Ketupat Sayur Betawi

Bahan-bahan:

Ketupat secukupnya, potong-potong kecil
2 buah labu siam, potong korek api
1 blok tahu, potong dadu dan goreng sebentar
1 papan tempe, potong dadu dan goreng sebentar
100 gr udang kecil, buang kulitnya
15 butir telur puyuh rebus
2 lembar daun salam
2 batang serai, memarkan
15 buah cabai rawit
100 lt santan
Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu halus:

10 buah cabai merah besar
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri, sangrai
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya

Bahan pelengkap:

Bubuk kedelai
Bawang goreng
Kerupuk
Sambal, jika suka pedas

Cara membuat:

Pertama, panaskan minyak lalu tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Setelah itu, masukkan serai dan daun salam lalu aduk hingga tercampur rata.

Masukkan udang dan masak hingga berubah warna. Kemudian tuang santan, masukkan tempe, tahu dan telur puyuh. Masak terus sampai mendidih sambil terus diaduk.

Masukkan labu siam dan cabai rawit lalu beri garam dan gula pasir secukupnya. Masak hingga semua bahan matang. Koreksi rasa, jika ada yang kurang silahkan tambahkan bumbu.

Jika sudah matang, matikan kompor dan sajikan sayur labu siam tadi dengan ketupat yang sudah dipotong-potong. Ketupat sayur pun siap dihidangkan.

Nah, itu tadi resep ketupat sayur Betawi sajian istimewa di hari Lebaran. Jika ingin varian lain, kalian juga bisa mencoba resep ketupat sayur padang yang nggak kalah enak. Selamat mencoba.

Loading...

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here